PERKEMBANGAN SISTEM MULTIMEDIA

Siklus Pengembangan Multimedia

Pengembangan sistem multimedia harus mengikuti tahapan pengembangan sistem multimedi, yaitu mendefinisikan masalah, studi kelayakan, melakukan analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, menulis naskah, memproduksi sistem, melakukan tes pemakai, menggunakan sistem dan memelihara sistem.



Kebutuhan Teknologi Multimedia

 Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat
 Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif (hiburan).
 Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia

Menurut Riset Computer Technology Research (CTR)
• Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
• Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
• Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
• Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

History multimedia

• Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM
• CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja
Jenis multimedia
Multimedia, yang juga banyak dikenal dengan istilah many-media, secara sederhana dihubungkan dengan utilisasi (pendaya-gunaan) dari media atau kombinasi dari media-media yang tepat untuk topik tertentu dalam rangka untuk memaksimalkan kelancaran komunikasi.
Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu
• Multimedia Linier
• Multimedia Interaktif.


Pengembangan bidang multimedia

Berikut ini beberapa bidang pengembangan Multimedia
1. Bidang Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy
2. Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object
3. Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance
Dalam Proses pembuatan Multimedia atau Multimedia Production banyak melibatkan hal yang sama seperti pada proses pembuatan film diantaranya:
• Story board capturing
• Storyboard Making
• Graphics Production

Manfaat Multimedia
Multimedia dapat digunakan dalam:
• Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
• Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
• Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif






Pengaruh Multimedia

Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu:
• Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
• Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
• Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

• Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
• Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
• Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Masa depan multimedia


Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti :
• Sistem perancangan grafis komputer
• Sistem operasi dan teknik implementasi
• Sistem Jaringan (network)
• Content Management Sytem
• HCI (Human Computer Interaction)


Konversi multimedia ke depaan






Berikut ini beberapa teknologi multimedia yang terus berkembang pesat
:
• Video
• Digital video
• Digitalization
• ASF (Advanced System Format)
• MPEG (Motion Picture Expert Group)
• DivX
• dsb

Contoh pengembangan kedepan
dalam multimedia
A. Virtual reality
• teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
• Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
• Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.
Contoh Virtual reality



Cara kerja virtual reality system pada prinsipnya adalah seperti berikut.
1. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
2. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities.
3. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.


sumber :
http://www.slideshare.net/EkkyKencana/modul-10-pengembangan-sistem-multimedia
http://blog.tp.ac.id/pengembangan-sistem-multimedia
http://eyig-wardana.blogspot.com/2011/05/sistem-multimedia.html

0 komentar:

Posting Komentar